Saling Sapa Facebook ala Indonesia

Salingsapa.com adalah situs pertemanan yang cara kerjanya seperti Facebook, karena memang situs ini dibangun untuk memberikan alternatif media social network.

Situs salinsapa.com dirilis pada 7 Desember 2010 dan masih dalam tahapan pengembangan namun hebatnya situs ini sudah diakses lebih dari 46 negara seperti Amerika Serikat, Malaysia, Balanda, dengan hit yang mencapai 2.300.000-an dan telah memiliki member sebanyak 112.930.

Adapun situs ini ditujukan buat umat islam, ini bisa dilihat dihalaman muka, misalnya, pengunjung disambut foto suasana di sekitar ka'bah serta beberapa tab yaitu halaman depan (Home), browse, news feet, serta fitur-fitur Islami, seperti  Al-Qur'an, Ceramah, foto, blog, radio saling sapa dan video meskipun masih menumpang di Youtube. Secara keseluruhan, tampilan mirip dengan halaman muka Facebook.

Situs Salingsapa sudah memiliki sever sendiri yang berada di Jakarta sehingga bisa diakses lebih cepat seperti untuk melihat/mengunggah foto atau naskah dan memiliki kontrol penuh dalam hal data member, serta konten yang di upload, sehingga konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islamakan dapat dihilangkan dengan mudah.

Dan, siap sangka orang dibalik situs salam sapa ini?
Kalau dilihat dari namanya pasti buatan lokal..tapi siapa??ternyata yang membuat adalah salah satu putra Indonesia dia adalah Muhammad Yahya Harlan, siswa SMP kelas satu Sekolah Alam di Bandung, putra dari Yan Harlan, lulusan ITB ini menjadi anak muda pertama yang berhasil membuat situs jejaring sosial khusus muslim di Indonesia.


Siswa Sekolah Alam Bandung yang tertarik komputer sejak kecil tersebut mengaku iseng pada awalnya. Semula ia membuat jejaring sosial dilingkup keluarganya saja, yg dinamai Rezzibook. Setelah diadakan pengembangan dan lebih disempurnakan dan namanya diganti menjadi Salingsapa. Dan dengan dukungan Ayahnya membelikan lisensi permanen seharga hampir US$ 400 guna mengembangkan content management system (CMS) dari jcow.net.
Dengan sistem itu memudahkan Yahya mengembangkan atau mengubah fitur laman sesuai dengan keinginannya sendiri.

Kini yahya yang punya habby membaca dan membikin game animasi sederhana ingin mengurus hak paten nama Salingsapa.com dengan bantuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar akan membantu pengurusan patennya. Dan juga lagi menunggu janji Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa yang akan memberi tiga server.

Sumber berita: di ambil dari beberapa sumber
Gambar di ambli dari : http://indonesiaproud.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...