Siswa SMP penemu AntiVirus Artav


Artav Antivirus, apa itu Artav, bagi sebagian pasti masih asing, karena Artav memang masih baru di banding antivirus lokal pendahulunya SmadAV. Walau masih baru ternyata ARTAV juga sangat mumpuni dalam melawan virus lokal ataupun global. 


Pernahkah terlintas dibenak kita kalau antivirus yang satu ini penemunya adalah anak usia belasan tahun. Kakak beradik, Arival Dwi Santoso (13) tahun yang masih sekolah kelas 8 SMP Negeri 24 kota Bandung dan Taufik Aditya Utama (15) tahun pelajar kelas 1 SMA Negeri 25 Kota Bandung dan ayahya adalah pensiunan karyawan di perusahaan elektronika asal Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Berkat ide cemerlang mereka berdua sekitar bulan April 2010 lahirlah sebuah antivirus lokal yang diberi nama ARTAV.

Ide ini muncul bermula dari kekesalan mereka karena virus yang kerap menyerang komputernya. Disitu Ival mulai penasaran dengan kinerja virus yang menyerang komputernya, lalu dia belajar secara otodidak melalui  referensi dari buku dan internet lalu terjun mempelajari visual basic, yang pada akhirnya dicapailah sebuah penemuan yang mutakhir ini.
Untuk urusan desain tampilan Artav Antivirus dibantu oleh kakaknya, Taufik Aditya Utama dan programnya di tangani oleh Arival sendiri yang membutuhkan waktu satu tahun untuk menyelesaikannya, kemudian antivirus ciptaanya diberi nama unik,"Nyit-Nyit". Hebatnya mereka dalam merampungkan antivirus Artav di warung internet atau warnet.
Awalnya mereka memperkanalkan temuannya kepada teman-temanya untuk proteksi game dengan harga 5000, dan meraka senang bisa menangkal virus, kemudian dipublikasikan ke facebook. Dan, respon dari khalayak di facebook ternyata sangat positif.
Tapi, seiring dengan banyaknya pengunduh yang berasal dari dalam dan luar negeri Arival kemudian mengganti nama antivirus ciptaannya dengan nama ARTAV, singkatan dari arival Taufik Anti Virus. Kabarnya sampai saat ini Artav sudah diunduh lebih dari 20.000 user lokal dan interlokal.

Fasilitas yang dimiliki Artav Antivirus
Artav Antivirus didukung oleh fitur Realtime Protection, mail scanner, link scanner dan USB protection sampai Anti Hacker. Bahkan, di versi terannyarnya, Artav 2.4 sudah memasukkan fitur Rootkit dan Worn detector. Artav antivirus sampai saat ini mampu mendiagnosa hampir 2000 varian virus, dan tentu saja perbendaharaan varian databasenya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.
Dan, Artav juga support unicode, yaitu teknik untuk menangkal dirinya di terminate oleh virus lokal yang semakin berkembang pesat di Indonesia.

Unicode adalah suatu standar industri yang dirancang untuk mengijinkan teks dan simbul dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan di manipulasi  oleh komputer.

Hasil karya mereka akhirnya banyak mendapat sambutan dari berbagai kalangan diantaranya mendapat beasiswa dari ITB sekaligus menyampaikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa, disen dan pakar telematika Indonesia.

Langsung saja bagi yang penasaran dengan karya hebat mereka, bisa langsung unduh aplikasinya disini. Atau boleh juga berkunjung di website official artav antivirus. Mari kita apresiasikan yang meriah untuk karya tunas bangsa ini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...